Tuesday, June 9, 2009

Empat Cara Menghilangkan Stress


Dalam perjalanan pulang ke rumah sehabis kerja seharian di kantor saya menyetel radio di mobil, cari gelombang kesana kemari akhirnya saya menemukan obrolan yang cukup menarik di radio Delta FM, dimana pembawa acaranya Ida Arimurti dan bintang tamunya mas Gobin, yaitu salah satu mantan peserta acara "Petir" yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta nasional. Dalam obrolannya mas Gobin ini mengatakan bahwa untuk menghilangkan stress ada 4 cara untuk mengatasinya :

Pertama : ubahlah sikap atau posisi kita dari keadaan semula, seperti melihat/mendongak keatas dan tersenyumlah selama 1 – 2 menit.

Kedua : atur napas, bernapaslah dengan perlahan-lahan, tarik napas dan keluarkan perlahan-lahan.

Ketiga : ubah mindset kita dalam mnghadapi suatu persoalan. Seperti contoh: jika dijalan kita berhenti di lampu merah dan pada waktu lampu berwarna hijau, tiba-tiba kendaraan di belakang kita sudah membunyikan klakson beerkali-kali, pasti kita dalam hati akan mengatakan "enggak sabaran banget ini orang", tetapi kalau kita mengubah cara pandang kita dengan mengatakan dalam hati seolah-olah orang tersebut mengatakan dengan lembut "hei..lampu sudah hijau mari kita jalan". Maka kitapun akan memberi respon "terima kasih telah memberi tahu saya".

Begitu juga ketika kendaraan kita tiba-tiba mendekati kendaraan orang lain dan orang tersebut tiba-tiba mengklakson berkali-kali, padahal menurut kita masih jauh, maka kita akan berpikir "takut bener nih orang kendaraannya tersenggol", kalau kita sudah mengubah mindset kita bahwa pengendara tersebut mengklakson untuk memberi tahu bahwa " hei…kendaraan anda hampir menyentuh kendaraan saya", maka kitapun akan mengucapkan terima kasih telah memberitahu saya.

Dan yang terakhir yang keempat : untuk menghilangkan stress adalah kita harus memperhatikan apa yang kita makan atau atur pola makan kita. Seperti ada pepatah "Apa yang kita makan akan menunjukkan siapa kita", ada jenis-jenis makanan yang akan meningkatkan/menimbulkan stress, seperti makanan yang berasal dari daging hewan, kopi, teh dan alkohol.

 Dalam hal ini mas Gobin memberi contoh bahwa binatang yang memakan tumbuh-tumbuhan/rumput cenderung jinak, mau bekerja sama dengan manusia.seperti sapi, kerbau, kambing, kuda sedangkan binatang yang memakan daging cenderung agresif, tidak bersahabat, seperti harimau, singa ular, buaya.

Dengan kata lain kita untuk menghindari stress dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung sayur-sayuran dan minum air putih, ini akan menyehatkan tubuh dan pikiran kita.

Demikian semoga bermanfaat bagi diri saya dan kita semua.